
Mengapa begitu pentingnya website untuk bisnis? Saat ini perilaku konsumen telah berubah seiring waktu beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang di era digital. Misalnya, Yellow Pages yang populer beberapa waktu lalu telah digantikan dengan direktori online dengan munculnya World Wide Web.
Situs web telah menjadi sumber informasi utama tentang bisnis dan layanan, dan orang-orang kini lebih cenderung mencari bisnis secara online daripada mencarinya di buku atau surat kabar fisik.
Dengan munculnya World Wide Web, orang-orang memiliki akses ke lebih banyak informasi daripada sebelumnya, dan mereka dapat menemukan apa yang mereka cari hanya dengan beberapa klik. Akibatnya, bisnis perlu menyesuaikan strategi pemasaran mereka untuk memenuhi kebutuhan konsumen modern.
Internet tentu saja memiliki dampak yang mendalam pada perilaku konsumen. Perubahan perilaku ini hanyalah salah satu contoh bagaimana konsumen telah beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang. Seiring dengan semakin banyaknya bisnis yang beralih ke online dan munculnya teknologi baru, perilaku konsumen kemungkinan akan terus berubah dan berkembang.
Saat ini, Internet telah merevolusi cara orang mencari bisnis dan layanan. Dengan akses ke sejumlah besar informasi di ujung jari mereka, pengguna dapat dengan mudah menemukan dan membandingkan perusahaan dalam hal kualitas, harga, dan peringkat pelanggan.
Melimpahnya sumber daya daring telah menyebabkan berkurangnya ketergantungan pada sumber tradisional seperti Yellow Pages atau surat kabar. Bisnis harus beradaptasi untuk mengikuti lanskap daring yang terus berkembang, dan banyak yang beralih ke berbagai alat dan strategi pemasaran digital agar tetap kompetitif.
97% orang mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan lokal melalui Internet. Oleh karena itu, jika ingin mengembangkan bisnis dengan berada di hadapan audiens yang tepat, sebuah bisnis harus dipublikasi secara daring – yang berarti bisnis Anda harus memiliki situs web.
Jika ingin meningkatkan celah pendapatan, sebuah bisnis wajib memiliki situs web. Sesederhana itu, calon pelanggan mencari bisnis seperti milik Anda secara daring, dan jika tidak ada di sana, mereka akan menemukan bisnis relevan milik orang lain yang ada di sana.
Situs web menampilkan sisi terbaik bisnis dan menunjukkan kepada calon pelanggan siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan mengapa mereka harus berbisnis dengan Anda. Ini adalah alat penting bagi bisnis apa pun yang ingin sukses saat ini. Jadi, jika Anda masih bertanya, “Mengapa saya memerlukan situs web?” jawabannya jelas: situs web penting untuk mengembangkan bisnis Anda.
Artikel ini akan membahas 10 alasan utama mengapa bisnis Anda memerlukan situs web pada tahun 2025, terlepas dari industri tempat Anda berada.
1. Pelanggan Berharap Bisnis Anda Memiliki Situs Web

Mempertimbangkan poin sebelumnya, pelanggan yang paham teknologi mengharapkan bisnis Anda memiliki situs web untuk menemukan informasi lebih lanjut tentang bisnis. Situs web dapat membantu menghasilkan bisnis, meningkatkan brand recall value (nilai ingatan merek), mempromosikan produk terbaik di hadapan pelanggan dan target audiens, serta menyampaikan pesan pemasaran yang kuat.
Situs web adalah aset yang kuat bagi bisnis
Memiliki situs web bukan hanya tentang memiliki kehadiran online. Dengan menyusun situs web dengan cermat, Anda dapat menjadikannya aset yang kuat bagi bisnis Anda. Ini seperti memiliki etalase toko pada umumnya. Jika Anda tidak memiliki situs web, pelanggan akan berpikir Anda terlalu kecil bagi mereka atau Anda tidak cukup paham teknologi untuk mengikuti perkembangan zaman. Mereka bahkan mungkin mempertanyakan apakah Anda sah dan diakui?
Situs web merupakan bagian integral dari strategi pencitraan merek dan pemasaran
Situs web lebih dari sekadar menampilkan kata. Ini adalah bagian penting dari strategi pemasaran dan pencitraan merek Anda disetiap halaman. Situs web harus dirancang dengan baik dan mudah digunakan, dengan ajakan bertindak yang jelas.
Situs web harus diperbarui secara berkala dengan konten baru. Situs web juga harus dioptimalkan untuk mesin pencari sehingga calon pelanggan dapat menemukannya. Dengan kata lain, ini pekerjaan yang sedikit rumit dan banyak. Namun Anda tak perlu khawatir, jasa pembuatan website dari IWEBS siap membantu pembuatan website sesuai kebutuhan bisnis Anda.
Dengan memiliki website, marketing bisnis Anda akan bekerja 24 jam tanpa henti. Tidak seperti toko fisik yang hanya buka di jam tertentu.
Baca juga: Cara Mengirimkan URL Ke Google Agar Website Mudah di Index
2. Website Membuktikan Keberadaan Bisnis
Bagaimana orang akan tahu bahwa Anda adalah bisnis sungguhan tanpa website? Bagaimana mereka akan tahu bahwa Anda bukan sekadar orang yang menjalankan bisnis dari rumah? Website penting untuk menawarkan keberadaan bisnis dan membangun kredibilitas sebuah bisnis.
Website menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa Anda serius dengan layanan dan memiliki sesuatu untuk ditawarkan. Jika bisnis ingin sukses maka berinvestasilah pada website dan pengembangannya. Itulah cara terbaik untuk menawarkan keberadaan bisnis dan membangun kepercayaan dengan calon pelanggan.
Mengapa orang mengharapkan bisnis memiliki website?
Jangan berbisnis jika tidak memiliki website. Calon pelanggan mengharapkan sebuah bisnis memiliki website tempat mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka lakukan, membaca ulasan pelanggan, dan mendapatkan beberapa bukti bahwa mereka adalah bisnis yang bereputasi baik. Tanpa website, Anda memberi tahu calon pelanggan bahwa Anda tidak sepadan dengan waktu atau uang mereka.
Mengapa penting untuk menyertakan testimoni pelanggan di situs web Anda?
Perilaku pelanggan biasanya didorong oleh apa yang dikatakan orang lain mengenai bisnis Anda. Baik merek Anda diberi peringkat bintang 5 di Google review, FourSquare ataupun Yelp, orang-orang berharap melihat situs web Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang merek tersebut. Karena calon pembeli sudah mencari Anda secara online, menyertakan testimoni pelanggan di website merupakan cara yang bagus untuk mengesankan calon pembeli dan memberikan bukti.
3. Anda Mengendalikan Narasi Melalui Website Sendiri
Meskipun mengendalikan apa yang dikatakan orang tentang Anda sulit, Anda dapat memengaruhi persepsi merek dengan menulis cerita versi sendiri di website. Situs web jauh lebih efisien daripada iklan cetak atau brosur pos dalam hal membantu merek menyebarkan pesan, visi, dan misi mereka.
Mengapa penting untuk memastikan situs web Anda mutakhir dan akurat?
Saat ini, mengendalikan narasi tentang situs web Anda lebih penting dari sebelumnya. Ada begitu banyak cara bagi orang untuk mengetahui tentang situs web Anda, dan jika Anda tidak berhati-hati, Anda dapat berakhir dengan banyak informasi palsu. Cara terbaik untuk mengendalikan narasi adalah dengan memastikan situs web Anda mutakhir dan akurat. Jaga konten Anda tetap segar dan relevan, dan pastikan semua informasi kontak Anda mutakhir. Jika orang tidak dapat menemukan apa yang mereka cari di situs web Anda, mereka akan segera beralih ke situs web orang lain. Jadi, pastikan Anda selalu memberikan informasi yang paling akurat dan terkini tentang situs web Anda. Foto seseorang yang sedang mencari di laptop bisa jadi terkait dengan pencarian di situs web bisnis
Menurut SEOTribunal, ada 5,6 miliar pencarian di Google setiap hari dan 63.000 pencarian per detik pada hari tertentu. Dengan volume pencarian seperti itu, seseorang mungkin sedang online sekarang mencari layanan yang Anda inginkan.
Jika Anda tidak memiliki situs web, coba tebak siapa yang akan mendapatkan bisnis tersebut? Bukan Anda! Namun, pesaing di sebelah memiliki situs web yang dioptimalkan untuk pencarian dengan tampilan yang bagus.
4. Situs Web Memungkinkan Anda Memaksimalkan ROI
Jika Anda menjalankan bisnis, salah satu prioritas utama Anda mungkin memaksimalkan laba atas investasi (ROI). Dan jika Anda memiliki situs web, Anda beruntung karena ada beberapa cara untuk memastikan bahwa situs web Anda bekerja keras untuk menghasilkan ROI yang maksimal. Berikut ini beberapa di antaranya:
- Pertama, pastikan situs web Anda dirancang dengan mempertimbangkan target pelanggan Anda. Apa yang ingin mereka lihat? Apa yang akan membuat mereka tetap berada di situs Anda dan terus kembali? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda merancang situs web yang diarahkan untuk menghasilkan prospek dan penjualan.
- Kedua, berinvestasilah dalam pengoptimalan mesin telusur (SEO) sehingga situs web Anda muncul di bagian atas halaman hasil mesin telusur (SERP). Semakin tinggi peringkat Anda, semakin besar kemungkinan orang akan mengeklik situs Anda. Begitu mereka berada di situs Anda, Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk mengubah mereka menjadi pelanggan atau klien.
- Ketiga, gunakan ajakan bertindak (CTA) yang efektif di situs web Anda. CTA adalah instruksi yang memberi tahu pengunjung situs web apa yang Anda ingin mereka lakukan selanjutnya. Misalnya, jika Anda ingin mereka mendaftar untuk menerima buletin Anda, sertakan CTA yang berbunyi, “Klik di sini untuk berlangganan.” Pastikan CTA Anda jelas dan ditempatkan dengan jelas di situs web Anda sehingga pengunjung tidak dapat melewatkannya.
Dengan mengikuti kiat-kiat ini, Anda dapat membantu memastikan bahwa situs web Anda memberikan kontribusi ROI maksimum untuk bisnis Anda. Membuat situs web menggunakan alat gratis seperti WordPress.com dan Elementor tidak memerlukan banyak biaya tetapi memberikan hasil yang lebih baik. Situs web yang dioptimalkan untuk mesin pencari memungkinkan Anda menjangkau ribuan calon konsumen tanpa mengeluarkan banyak biaya. Situs web ini dapat membantu Anda mendapatkan target audiens yang lebih luas untuk mempromosikan layanan atau produk Anda. Konten di situs web juga memengaruhi keputusan pembelian dan transaksi komersial, apa pun industri yang Anda geluti.
Baca juga: Apa Itu Cloudflare? Sejarah Berdirinya Platform Security Kelas Dunia
5. Situs Web Menambah Kredibilitas Perusahaan Anda
Dahulu, ketika sebuah perusahaan ingin dianggap kredibel, mereka akan membeli iklan TV atau papan reklame. Namun, saat ini, orang cenderung mencari informasi tentang perusahaan secara daring sebelum membeli, yang berarti memiliki situs web sangatlah penting.
Mengapa pentingnya website untuk bisnis terlihat profesional, dirancang dengan baik, berisi informasi bermanfaat, dan menambah kredibilitas perusahaan Anda?
Situs web bagaikan kartu nama virtual bagi sebuah perusahaan. Situs web merupakan salah satu hal pertama yang akan dilihat calon pelanggan saat mempertimbangkan untuk berbisnis dengan Anda. Itulah mengapa memastikan situs web Anda profesional dan menambah kredibilitas perusahaan Anda sangatlah penting.
Namun, memiliki website saja tidak akan cukup – situs web harus dirancang dengan baik dan penuh dengan informasi bermanfaat. Situs web yang dirancang buruk dan tidak diperbarui selama bertahun-tahun akan memberi kesan kepada pengunjung bahwa perusahaan tersebut tidak relevan atau tidak profesional. Di sisi lain, situs web yang ramping dan terkini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut modern dan mengikuti tren terkini. Selain itu, situs web harus berisi informasi tentang produk atau layanan perusahaan, serta testimoni dan ulasan pelanggan. Hal ini membantu calon pelanggan merasa yakin untuk membeli dari sumber yang memiliki reputasi baik. Jadi, jika Anda ingin perusahaan Anda dianggap kredibel, pastikan Anda memiliki situs web yang mencerminkan komitmen Anda terhadap kualitas.
Mengapa penting untuk berinvestasi dalam situs web profesional untuk bisnis Anda?
Jika Anda ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Anda serius menjalankan bisnis, maka inilah saatnya berinvestasi dalam situs web profesional. Di era ketika lebih dari 50% pengguna ponsel pintar menemukan perusahaan atau produk baru saat mencari di ponsel pintar mereka, tidak memiliki situs web dapat merusak kredibilitas Anda. Menurut sebuah penelitian, 75% pengguna daring setuju untuk menilai kredibilitas perusahaan berdasarkan desain situs webnya. Pada akhirnya, orang cenderung terlibat dengan perusahaan yang dapat mereka percayai, dan situs web adalah batu loncatan untuk membangun hubungan tersebut.
6. Situs Web Memungkinkan Anda Melakukan Percakapan yang Lebih Konstruktif
Sering kali, percakapan berubah menjadi argumen yang tidak ada gunanya. Namun, jika Anda memiliki situs web, Anda dapat menghindari jebakan ini dengan melakukan percakapan yang lebih konstruktif. Bagaimanapun, situs web hanyalah platform untuk berbagi pemikiran dan ide Anda dengan dunia. Dengan membuat situs web yang dipikirkan dengan matang, Anda memaksa diri untuk melakukan percakapan yang lebih konstruktif. Ini karena Anda dipaksa untuk mengartikulasikan pemikiran Anda dengan jelas dan ringkas. Situs web memungkinkan Anda melakukan percakapan yang lebih konstruktif dengan klien, pelanggan, dan kolega Anda.
Mengapa memiliki situs web penting untuk percakapan yang konstruktif?
Situs web menyediakan lokasi sentral untuk semua informasi Anda. Anda tidak perlu lagi bergantung pada file dan email yang tersebar. Situs web juga memungkinkan Anda untuk berbagi informasi dengan lebih mudah. Anda dapat mengeposkan artikel, laporan resmi, dan dokumen lain yang dapat diakses oleh siapa pun yang memiliki koneksi internet. Ini memudahkan untuk melakukan percakapan yang konstruktif tentang topik yang rumit.
Secara keseluruhan, memiliki situs web penting untuk percakapan yang konstruktif. Situs web menyediakan lokasi sentral untuk informasi, memudahkan berbagi dokumen, dan memberi Anda citra profesional. Berinvestasilah pada situs web Anda hari ini dan mulailah melakukan percakapan yang lebih baik di masa mendatang!
Mengapa pembuatan situs web penting untuk menjawab pertanyaan dasar dan menarik calon pelanggan?
Selain itu, situs web menyediakan catatan permanen tentang pemikiran dan ide Anda. Ini berarti Anda selalu dapat merujuk ke situs web Anda dalam percakapan mendatang. Jadi, jika Anda menginginkan diskusi yang lebih konstruktif, pertimbangkan untuk membuat situs web hari ini.
Situs web adalah platform Anda untuk menjawab semua pertanyaan dasar yang mungkin dimiliki calon pelanggan Anda tentang bisnis dan merek Anda. Hal ini terutama berlaku untuk agensi pemasaran B2B. Ketika orang mengunjungi situs web Anda, mereka mencari jawaban atas pertanyaan dasar seperti apa yang Anda lakukan, produk/solusi Anda, lokasi, detail kontak, dll. Setelah mereka puas dengan semua itu, mereka memutuskan untuk menindaklanjutinya atau tidak. Ingat, ketika Anda memberikan informasi tersebut, buatlah tetap sederhana dan singkat karena konsumen mengharapkan kepuasan langsung.
7. Situs Web Memungkinkan Anda Bersaing dengan Raksasa Industri Lainnya
Tahukah Anda bahwa memiliki situs web memberi Anda peluang yang adil untuk bersaing dengan raksasa industri Anda? Ketika situs web yang dioptimalkan dibuat, peringkatnya dapat lebih tinggi dan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.
Mengapa memiliki situs web penting bagi bisnis kecil?
Tidak hanya memberi Anda platform untuk menjual produk atau layanan Anda, tetapi juga memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Dan, mungkin yang terpenting, situs web memungkinkan Anda bersaing dengan raksasa industri lainnya – bahkan jika mereka memiliki sumber daya yang jauh lebih banyak daripada Anda. Dengan menyamakan kedudukan, situs web memungkinkan bisnis kecil berkembang dalam lanskap persaingan saat ini.
Mengapa peringkat situs web penting bagi bisnis?
Terkadang, semuanya tentang peringkat situs web. Bagaimana peringkat situs web Anda di Google? Apakah Anda berada di halaman pertama? Kedua? Ketiga? Anda dapat bersaing dengan para pemain besar jika Anda memiliki situs web berperingkat tinggi. Menawar kata kunci yang tepat dapat meningkatkan lalu lintas situs web Anda dan memengaruhi perjalanan konsumen Anda, yang biasanya dimulai dengan penelitian, rekomendasi, dan ulasan.
Peringkat situs web penting bagi bisnis
Posisi yang menonjol pada halaman hasil pencarian adalah salah satu dari banyak cara untuk menantang industri Anda, Goliaths. Oleh karena itu, jika Anda tidak mendominasi Internet, Anda memberi pelanggan Anda alasan untuk membeli dari pesaing.
8. Situs Web Anda Dapat Menggantikan Jangkauan Media Sosial yang Memudar
Jika menurut Anda memiliki halaman media sosial cukup untuk menarik pelanggan baru, pikirkan lagi. Memiliki halaman Facebook saja tidak cukup karena setiap bisnis lain memilikinya. Pada Juli 2023, tingkat keterlibatan rata-rata dari posting organik Facebook berkisar antara 2,58% hingga hanya 1,52%.
Seiring menurunnya jangkauan media sosial, memiliki situs web menjadi lebih penting dari sebelumnya. Situs web adalah cara yang bagus untuk mengontrol konten Anda dan memastikan audiens Anda selalu dapat menemukan Anda. Situs web juga merupakan platform yang jauh lebih andal—meskipun platform media sosial datang dan pergi, situs web Anda akan selalu ada selama Anda terus menggunakannya.
Situs web juga memungkinkan Anda melacak analitik dan melihat siapa yang mengunjungi situs Anda dan berinteraksi dengan konten Anda. Ditambah lagi, dengan desain situs web yang semakin ramah pengguna, membuat situs web yang indah yang mencerminkan merek Anda menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Situs web adalah cara yang tepat jika Anda menginginkan kontrol yang lebih besar atas kehadiran online Anda.
Oleh karena itu, banyak perusahaan kini beralih membangun situs web alih-alih hanya mengandalkan jaringan media sosial. Meskipun jaringan media sosial berpotensi meningkatkan bisnis, mengandalkannya saja bisa menjadi kesalahan besar yang dapat merugikan di tahun-tahun mendatang.
9. Situs Web Memungkinkan Anda Memperpanjang Jam Kerja
Mari kita hadapi kenyataan: kebanyakan dari kita bukanlah orang yang suka bangun pagi. Alarm berbunyi, dan kita menekan tombol tunda beberapa kali. Sebelum menyadarinya, kita kesiangan dan bergegas bersiap untuk bekerja. Bagi banyak dari kita, memulai hari lebih awal dari yang seharusnya adalah hal yang tidak terpikirkan. Namun, bagaimana jika kita tidak harus memulai hari lebih awal? Bagaimana jika kita dapat bekerja sesuai jadwal tanpa harus berada di kantor pada pukul 9 pagi?
Bagaimana memiliki situs web memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens global sepanjang waktu?
Berkat Internet, skenario itu kini menjadi kenyataan bagi banyak orang. Dengan situs web, Anda dapat menjangkau audiens global 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Baik Anda menjual produk atau layanan, situs web Anda akan tetap berfungsi bahkan saat Anda sedang tidur. Yang terbaik dari semuanya, Anda dapat mengatur situs web Anda sekali dan membiarkannya berjalan sendiri; tidak perlu menambah jam kerja atau bekerja lembur terus-menerus.
Bagaimana situs web berkontribusi pada interaksi pengguna yang berkelanjutan dan mendukung upaya pemasaran?
Memiliki situs web berarti konten Anda tersedia bagi pengguna kapan saja sepanjang hari, sesuai keinginan mereka. Jadi, baik seseorang mengunjungi situs web Anda di tengah malam atau siang hari, dengan cara tertentu, Anda terus berinteraksi dengan mereka dan dapat mengucapkan selamat tinggal pada tanda ‘tutup untuk bisnis’. Aksesibilitas selalu mendukung pemasaran dan meningkatkan penjualan secara dramatis, terutama untuk perusahaan e-commerce. Ini juga merupakan langkah menuju layanan pelanggan yang efektif dan membangun hubungan, terutama jika situs web Anda telah mengaktifkan chatbot bertenaga AI untuk memecahkan masalah mendasar pelanggan Anda saat mereka sangat membutuhkannya.
10. Website adalah Tempat Anda Memamerkan Penawaran Anda
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa website adalah interaksi pertama target audiens dengan merek Anda. Cara Anda memposisikan bisnis sepenuhnya berada dalam kendali sendiri.
Bagaimana situs web dapat menghasilkan prospek dan penjualan serta membangun kredibilitas bagi bisnis?
Situs web dapat memberikan informasi terperinci tentang penawaran Anda dan menghasilkan prospek dan penjualan. Dengan menyertakan ajakan bertindak yang menonjol, bisnis dapat mendorong pengunjung situs web untuk menghubungi mereka atau melakukan pembelian. Situs web juga dapat membangun kesadaran merek dan membangun kredibilitas. Dengan menyertakan testimonial, studi kasus, dan ulasan pelanggan, bisnis dapat menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa mereka memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya. Situs web dapat menjadi aset yang kuat dalam strategi pemasaran apa pun jika digunakan secara efektif.
Bagaimana menampilkan informasi dan gambar produk di situs web berkontribusi pada promosi dan penjualan penawaran, dan bagaimana fitur tambahan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan?
Dengan menampilkan informasi dan gambar produk di situs web, Anda dapat memberi pengunjung gambaran umum tentang apa yang Anda tawarkan tanpa membombardir mereka dengan terlalu banyak informasi sekaligus. Situs web menyediakan platform yang nyaman bagi pelanggan untuk membeli produk atau layanan Anda tanpa harus mengunjungi tempat Anda secara langsung. Dengan demikian, situs web dapat menjadi alat yang sangat berharga untuk mempromosikan dan menjual penawaran Anda.
Anda juga dapat menampilkan penawaran Anda dengan berbagai fitur dan menyediakan tutorial video singkat atau petunjuk PDF yang dapat diunduh. Anda juga dapat menyorot penghargaan, testimonial, dan semua fitur yang dapat meringankan masalah pengunjung Anda. Hal ini meningkatkan waktu rata-rata yang dihabiskan pelanggan Anda di situs web dan mungkin memengaruhi keputusan mereka untuk menghubungi Anda.
Kiat-kiat untuk Memulai Proses Desain Situs Web Anda
Jadi, Anda ingin memiliki situs web? Setelah memahami alasan kita memiliki situs web, mari kita lihat beberapa cara untuk memulainya. Sebelum Anda siap untuk memasang situs web Anda di Internet agar dapat dilihat oleh seluruh dunia, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.
1. Mulailah dengan menuliskan tujuan dan sasaran situs web Anda.
2. Pastikan situs web Anda ramah pengguna dengan sistem navigasi yang sederhana dan visual yang menarik.
3. Tawarkan cara yang terorganisasi untuk mengakses Tanya Jawab Umum, deskripsi produk/layanan, testimonial, informasi kontak, dll.
4. Optimalkan situs web Anda untuk mesin pencari dengan menyertakan kata kunci dan frasa yang ditargetkan.
5. Integrasikan fitur media sosial untuk membantu menyebarkan informasi tentang bisnis Anda.
6. Izinkan pengguna untuk mendaftar buletin, langganan email, dll., sehingga Anda dapat terus memberi tahu mereka tentang pembaruan atau produk/layanan baru.
7. Gunakan alat analitik seperti Google Analytics untuk melacak aktivitas pengguna dan sesuaikan situs web Anda.
8. Uji situs web Anda secara berkala untuk memastikannya berfungsi dengan benar dan semua fitur berfungsi dengan baik.
9. Terakhir, ingatlah untuk menyertakan ajakan bertindak yang jelas di setiap halaman situs web Anda sehingga pengunjung dapat mengambil tindakan yang diinginkan, seperti menghubungi Anda atau membeli produk.