BERITA

Google Akan Menghentikan 6 Layanan Ini Pada Tahun 2024

Salah satunya adalah Podcast yang akan beralih ke Youtube Music

Google akan menghentikan beberapa layanannya tahun ini, termasuk Podcast dan Jamboard.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan raksasa teknologi tersebut untuk menyederhanakan layanannya dan menghapuskan fitur-fitur lama.

Mulai Januari 2024, Play Film & TV dan tampilan HTML Dasar Gmail akan dihentikan.

Selain itu, pengguna telah diberikan petunjuk tentang cara mengakses konten yang dibeli dari Play Film & TV, sementara tampilan HTML Dasar Gmail akan diganti dengan tampilan Standar.

Mengakses konten yang dibeli dari Play Film & TV

Mulai 17 Januari 2024, pengguna dapat mengakses konten yang dibeli dari Play Film & TV di baris “Koleksi Anda” pada tab Toko di Google Play, tetapi hanya di TV dan perangkat streaming yang didukung oleh Android TV. Untuk TV kabel atau dekoder Android, kontennya akan dapat diakses melalui aplikasi YouTube, tempat pengguna dapat terus membeli dan menyewa film dan acara TV.

Di browser, pengguna harus mengunjungi situs web YouTube untuk mengakses pembelian lama dan membeli/menyewa konten baru.

Gmail kehilangan fitur tampilan HTML yang berusia satu dekade

Tampilan HTML Dasar Gmail, yang dirancang untuk koneksi yang lebih lambat dan browser lama, juga akan dinonaktifkan pada awal Januari 2024. “Tampilan HTML Dasar Gmail adalah versi Gmail sebelumnya yang digantikan oleh penerus modernnya 10+ tahun yang lalu dan tidak menyertakan Gmail lengkap fungsionalitas fitur,” kata Google.

Setelah batas waktu tersebut, Gmail akan otomatis beralih ke tampilan Standar. Khususnya, tampilan HTML Dasar tidak memiliki fitur seperti obrolan, pemeriksaan ejaan, filter pencarian, pintasan keyboard, dan pemformatan kaya.

Aplikasi podcast akan ditutup pada April 2024

Layanan Google lainnya yang akan ditutup pada tahun 2024 adalah aplikasi Podcasts yang berdiri sendiri. Raksasa teknologi itu malah akan mulai menawarkan podcast di YouTube Music. Untuk membantu pengguna beralih ke YouTube Music, Google akan menawarkan alat migrasi dan opsi untuk menambahkan RSS feed podcast ke perpustakaan YouTube Music mereka.

Perlu diingat, aplikasi Google Podcasts memulai debutnya di Android pada tahun 2018 dan kemudian diperkenalkan di iOS pada tahun 2020. Aplikasi ini akan ditutup pada bulan April 2024.

Nest Secure juga akan berakhir pada bulan April

Mulai 8 April, Google juga akan mengakhiri dukungan untuk beberapa produk rumah tangga, termasuk Nest Secure dan Dropcam. Nest Secure adalah sistem alarm rumah Google yang dilengkapi dengan Nest Guard, Nest Detect, dan Nest Tag, yang semuanya berfungsi melalui Aplikasi Nest. Dari batas waktu tersebut, aplikasi Nest tidak akan terhubung ke internet.

Dropcam adalah kamera streaming video berkemampuan Wi-Fi dari Google Nest, yang memulai debutnya lebih dari satu dekade lalu. Raksasa teknologi ini menyebut perangkat keras awal sebagai tantangan yang harus diikuti.

Universal Analytics 360 Google

Platform Universal Analytics 360 (UA360) Google, yang merupakan alat analisis tingkat perusahaan, akan dihentikan penggunaannya pada Juli 2024. Universal Analytics (UA) dan UA360 Google akan diganti dengan Google Analytics 4, yang dirancang untuk membantu bisnis mengumpulkan data pelanggan di seluruh aplikasi web dan seluler.

Jamboard akan dihentikan pada akhir tahun 2024

Google juga akan mengakhiri Jamboard, aplikasi papan tulis kolaboratif, dan perangkat keras terkait. Setelah tanggal 31 Desember 2024, pengguna tidak akan dapat melihat Jam mereka, dan semua data Jam akan dihapus secara permanen. Google mengatakan ini akan membantu pengguna beralih ke alat papan tulis lainnya, termasuk FigJam, Lucidspark, dan Miro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button