BERITATEKNOLOGI

Google Chat Di Upgrade Total Untuk Versi Android dan iOS

Pada november 2023 lalu hingga saat ini, Google sibuk dengan pembaruan ratusan aplikasi-nya. Tak terkecuali dengan satu aplikasi yang di upgrade total yaitu Google Chat.

Google chat mendapatkan desain terbaru dengan antarmuka yang signifikan, pada versi terbaru ini membuat aplikasi chat tersebut lebih cepat dan lebih mudah digunakan.

Sebelumnya hanya terdapat Pengaturan Obrolan dan Spasi Twin-Tab yang ada di aplikasi, kini Google Chat memiliki penambahan diantaranya: Home, Direct Message, Spaces, dan Mentions.

Perubahan yang sama juga akan terjadi pada versi berbasis web. Di aplikasi iOS dan Android, Anda akan melihat opsi di bilah navigasi di bagian bawah layar, dengan pemberitahuan konten baru di sudut atas setiap ikon.

Perubahan ini diterapkan tidak hanya pada aplikasi chat namun juga pada integrasinya dengan Gmail, dengan satu ikon Chat menggantikan Chat dan Spaces sebelumnya di toolbar bawah dan empat opsi baru yang mengambang di atasnya.

Saat ini update aplikasi chat tersebut sudah bisa Anda gunakan, dan ini tersedia untuk semua pengguna yang memiliki akun Google pribadi atau akun Google Workspace.

Apa fungsi New Tabs di Google Chat?

Menurut Google, tab Beranda “helps you stay on top of all conversions in one unified view” Anda akan dapat memfilter tampilan untuk menyaring pesan yang sudah Anda baca.

Pesan langsung adalah “daftar ringkas semua pesan 1:1 dan grup”, dengan percakapan Anda yang disematkan (jika ada) di bagian atas; Spaces menyediakan “daftar ringkas semua space Anda”, sekali lagi dengan percakapan yang disematkan di bagian atas;

Mentions adalah tempat Anda akan menemukan pesan dalam percakapan atau di ruang tempat orang lain menandai Anda.

Ini bahkan bukan pembaruan pertama pada aplikasi Chat di bulan november lalu: pada awal November, Google mengumumkan pengalaman pengguna yang disederhanakan yang mencakup pintasan dan versi ikon aplikasi multi-warna baru.

Peluncuran tersebut dimulai pada tanggal 9 November namun masih terus berlangsung, dengan perkiraan tanggal penyelesaian pada tanggal 7 Desember.

Semua perubahan ini terus membuat berbagai aplikasi Google terlihat dan berfungsi lebih mirip satu sama lain, dengan antarmuka yang lebih konsisten di Google Workspace dan masing-masing aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button